Warisan Berupa Tulisan – Password –

| Ditulis oleh : Ahmad Dahroji |

Setiap jengkal ruang di dunia ini selalu berubah, segalanya hampir tiada yang kekal, kecuali perubahan itu sendiri. Itulah yang aku yakini. Apa yang tertoreh pada Facebookku adalah titian sejarah dimana aku berbagi komunikasi bersama pasangan hidup, keluarga dan teman-temanku.

Terbersit dalam pikiranku, apabila aku telah berpulang nanti, apakah foto-foto, tulisan, suara dan video yang aku upload itu kelak bermanfaat, ataukah newsfeed terus berjalan sementara aku telah tiada. Bagaimana tim pembuat FB ini memperlakukan account ku nanti. Aku peduli itu.

Oleh karenanya akan ku simpan passwordku secara berhati-hati di suatu tempat tersembunyi. Hanya beberapa keluargaku – yang tinggal di beberapa daerah berbeda – yang mengetahui tempat dimana aku sembunyikan password itu. Hal itu aku lakukan karena bila pasangan hidupku, anakku bersamaan berpulang, masih ada yang masih hidup dan mengingat passwordku itu. Sejarah di FB ku itu aku minta direkam, kemudian Leave FB forever. Sehingga News Feed yang baru dari teman-temanku tidak lagi memenuhi disk server FB.

Rekaman FB yang kulakukan dan yang terakhir dilakukan oleh pewaris passwordku itu kemudian dipublish setelah dipilih yang baik-baiknya saja dari sebagian sejarahku.

Sisi burukku aku minta untuk tidak dipublikasikan atau dikorup (dihilangkan) saja, sehingga dunia tidak tahu. Semoga pewaris passwordku mendapatkan kebaikan dan tidak terbebani oleh orang yang mencoba mendiskriditkan namaku.

Oleh sebab itu, mulai sekarang, Video dan Foto dari Si Cantik, Si Tampan yang berfose atau yang membuat nafas tersengal itu aku sembunyikan sedemikian rupa sehingga hanya aku yang tahu tempatnya. Tempat itu aku rahasiakan. Tulisan dan suara yang sekiranya bernada atau berkonotasi negatif, aku hindarkan sejauh mungkin ketika melakukan interaksi komunikasi. Siapa tahu akibat perbuatanku yang kurang waspada itu menyebabkan orang lain tidak sadar, tidak eling.

(Tulisan ini awalnya ditulis di Facebook, cukup relevan untuk ditulis kembali pada blog ini)

Semoga tulisan ini menginspirasi pembaca,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: