Mencermati Pidato Presiden 14 Agustus 2009

Mencermati Pidato Presiden Pada Peringatan HUT Ke-64 Kemerdekaan RI di Depan Rapat Paripurna DPR-RI, selain kita memperoleh pengetahuan mengenai pepatah Bugis yang mengatakan, “resopa temmangingi namalomo naletei pammase dewata”, yang artinya hanya perjuangan dan kerja keras yang terus menerus yang akan mendapatkan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa. Beberapa kutipan Pidato yang direkam penulis mengandung hal penting antara lain keinginan untuk Maju, bermartabat dan Sejahtera dengan 3 Pilar, Paradigma dan Grand Strategy pembangunan ekonomi dan Reformasi gelombang kedua dengan 10 Sasaran Utama 2025.

Maju, bermartabat dan sejahtera dengan Tiga Pilar

Saudara-saudara,

Dalam peringatan satu abad Kebangkitan Nasional tahun lalu, saya telah menyampaikan pidato, bahwa tiga puluh tahun, lima puluh tahun ke depan di abad dua puluh satu ini, kita yakin Indonesia akan menjadi negara yang maju, bermartabat dan sejahtera. Indonesia seperti itu akan bisa kita wujudkan manakala kita bisa memperkokoh tiga pilar kehidupan bernegara kita yaitu: Kemandirian, Daya Saing dan Peradaban yang unggul dan mulia. Ya, 3 pilar itulah yang harus kita perkokoh bersama-sama.

Pilar pertama, kita harus menjaga dan memperkuat kemandirian kita…
Pilar kedua, kita juga harus memiliki daya saing yang makin tinggi…
Pilar ketiga, kita harus mampu membangun dan memiliki peradaban bangsa yang unggul dan mulia…
Dengan tiga pilar kehidupan bernegara ini—kemandirian, daya saing dan peradaban bangsa yang unggul dan mulia— saya yakin Indonesia akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan cobaan, betapapun beratnya, apapun bentuknya, dan dari manapun datangnya.

Paradigma dan grand strategy pembangunan ekonomi

Saudara-saudara,

Untuk melaksanakan semua itu, bangsa kita memerlukan pikiran-pikiran besar, serta karya-karya bangsa yang besar pula. Pikiran besar yang saya maksud antara lain, sudah saatnya kita memilih dan kemudian menjalankan paradigma dan grand strategy pembangunan ekonomi kita yang lebih tepat.
Paradigma dan Strategi Besar Pembangunan Ekonomi yang saya maksudkan adalah:

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan nanti mesti lebih memadukan pendekatan sumber daya (resources), pengetahuan (knowledge), dan budaya (culture) yang kita miliki…

Pertumbuhan ekonomi yang kita pilih dan anut adalah pertumbuhan disertai pemerataan, growth with equity, agar benar benar membawa rasa adil…

Ekonomi nasional mesti dikembangkan berdasarkan keunggulan komparatif (comparative advantage) dan sekaligus keunggulan kompetitif (competitive advantage). Dan, terakhir, diperlukan ekonomi nasional yang dilandasi oleh mekanisme pasar untuk efisiensi, tetapi juga memberikan ruang bagi peran pemerintah yang tepat untuk menjamin keadilan…

…Intinya, kita tidak boleh terjerat, menyerah dan tersandera oleh kapitalisme global yang fundamental, yang sering membawa ketidakadilan bagi kita semua…
Disisi lain, bangsa yang unggul adalah bangsa yang dapat mengatasi keadaan dan memberi kontribusi pada permasalahan umat manusia. Kuncinya adalah inovasi, termasuk dan terutama inovasi teknologi yang harus kita lakukan secara fundamental dan secara terus menerus. Hanya bangsa yang inovatif, adaptif dan produktiflah yang akan mampu menjaga kelangsungan hidupnya, dan berjaya di muka bumi ini. Di sini menonjol peran penelitian, pengembangan dan aplikasi teknologi serta budaya unggul dan juga kewirausahaan.
Dalam kaitan ini peran pendidikan, dalam arti yang luas, amat penting. Oleh karena itu reformasi bidang pendidikan yang tengah kita jalankan ini harus terus disukseskan.

Reformasi gelombang ke 2 dengan 10 Sasaran Utama 2025

Saudara-saudara,

Reformasi gelombang kedua ini, kalau saya boleh mengatakan, hakikatnya adalah untuk membebaskan Indonesia dari dampak dan ekor krisis yang terjadi 10 tahun yang lalu, dan kemudian pada tahun 2025 negara kita berada dalam fase untuk benar-benar bergerak menuju negara maju. Inilah visi kita untuk tahun 2025, Visi Indonesia 2025. Rasanya kita bisa sepakat, Insya Allah di tahun 2025 mendatang, kehidupan berbangsa dan bernegara kita akan berada dalam kondisi yang jauh lebih baik. Sasaran utama yang kita tuju di tahun 2025 adalah :

  1. Persatuan dan Harmoni Sosial yang semakin kokoh.
  2. Stabilitas nasional kita mesti semakin mantap.
  3. Demokrasi dan Keterbukaan harus terus kita mantapkan.
  4. Hukum dan Ketertiban (law and order) harus tetap kita jaga.
  5. Pertumbuhan ekonomi mesti terus kita jaga dan tingkatkan.
  6. Kesejahteraan Rakyat mesti terus kita tingkatkan.
  7. Pembangunan Tata Kelola Pemerintahan yang baik (good governance) dan Pemberantasan Korupsi mesti terus ditingkatkan.
  8. Perlindungan lingkungan hidup mutlak dilakukan.
  9. Pembangunan daerah di seluruh wilayah tanah air harus berjalan makin intensif.
  10. Kemitraan dan Kerjasama Global terus kita kembangkan.

Bagi yang berminat melihat teks pidato ini selengkapnya silakan kunjungi situs Indonesia pada alamat : www.indonesia.go.id.

Bagi Pembaca Catatan / Note Facebook Penulis, untuk melihat updatenya silakan kunjungi : https://dahroji.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: