GAMBARAN JELAS

Tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan Meraih Mimpi. Di dalam tulisan tersebut, untuk dapat meraih mimpi anda hanya perlu menetapkan dua hal yaitu:

  1. Gambaran jelas yang mengkristal dari apa yang anda maui.
  2. Kepastian tak tergoyahkan untuk melakukan apapun agar mimpi menjadi nyata.

Proses mendapatkan gambaran jelas ini mungkin memerlukan waktu, namun sangat sederhana. Seorang laki-laki, karena tuntutan hidupnya, paling tidak harus mampu menghidupi dan melindungi keluarga. Pilihannya sedikit, 1. Berbisnis menjadi pengusaha mandiri sebagai pendiri, pemilik, pemegang saham, termasuk menjadi profesional seperti dokter, pengacara, konsultan, seniman, atau dipercaya sebagai anggota dpr, rektor, bupati, gubernur, menteri, dsb. atau 2. Menjadi inventor, penemu, pendobrak kemapanan dsb. 3. Bekerja mengejar karir dan kepercayaan setinggi impian termasuk menjadi atlit, profesor, pengurus, direktur, komisaris, deputi dsb.

Bagi Seorang wanita, pilihannya juga sedikit, 1. Mengelola rumah tangga dengan penuh kesungguhan termasuk menjaga kebugaran, merancang pertemuan sosial, mempersembahkan masakan lezat, mengingatkan suami tetap bersemangat pada jalan lurus, atau bahkan mengelola keuangan dan tidak menyia-nyiakan tugas sebagai direktur rumah tangga ketika dipercaya oleh suami, sang pemegang saham. 2. Membantu suami mencari nafkah sebagaimana laki-laki dengan pilihan di atas.

Gambaran jelas dari visi ini bila perlu dilengkapi hal teknis seperti dengan “smart” tag, yaitu Spesifik, Measurable atau terukur secara kuantitatif, Achievable atau dapat diraih, Rasional atau masuk akal, dan Time lines atau time specified atau waktu-waktu tahapan pencapaiannya anda tetapkan.

Setelah menetapkan gambaran jelas ini sebagai visi pribadi, yang diperlukan dalam mencapainya adalah meruntuhkan “tembok berlin” atau “Mental Block”.

Sebagai contoh, jika anda merasa bahwa ketika membaca tulisan ini anda mendapatkan ada kelemahan pada tulisan ini atau pada diri anda, sehingga timbul keraguan atau perasaan “tidak mungkin” untuk melakukannya, maka dapat dipastikan, anda menghadapi “tembok berlin” atau terkena “mental block”. Sejarah sudah mencatat, tembok berlin sudah diruntuhkan, mengapa anda membangunnya pada diri anda ?. Anda perlu meruntuhkan itu dan mengusahakan visi, mimpi atau gambaran jelas masa depan anda tidak tergoyahkan sepanjang karir atau hidup anda.

Pesawat Discovery

Pesawat Discovery

Sebagaimana pada tulisan meraih mimpi, setelah anda menetapkan dua langkah tadi, kini apapun harus menjadi mungkin. Bila anda perlu keterampilan baru, belajar dan berlatihlah. Bila anda menghadapi rintangan, segera cari jalan, seumpama terobosan, putaran atau lompatan untuk melaluinya. Bila anda mengalami kegagalan – yang merupakan hal wajar – anda dapat belajar dari kesalahan dan anda dapat mengambil jalan lain.

Betapapun lama, cerdas dan cermatnya perhitungan rencana dan strategi yang anda buat, dapat dipastikan ada terselip risiko akibat ketidaktahuan anda, musibah atau bencana. Kemampuan anda menepis “mental block” atau kejatuhan mental serta kemampuan menangani risiko dan musibah itulah yang mengajari anda dapat meraih sukses.

Setiap waktunya anda mungkin mendapati koyakan kata-kata gagal dari teman, keluarga, orangtua atau orang lain. Lalu terasa himpitan di hati, serasa merasuk ke tulang sumsum, memanaskan ubun-ubun. Dan yang paling membahayakan dan sangat perlu dihindari adalah anda percaya, bahwa anda tidak mampu bangkit dari kegagalan. Jangan pernah menyerah, tegarlah, berdoalah, evaluasi dirilah, karena semakin sering dan banyak melalui rintangan, mengatasi resiko dan musibah, semakin anda menjadi gigih, tegar, berani, tegas dan piawai menangani resiko. Kemampuan, kepiawaian inilah yang sebenarnya menjadi kesuksesan sejati anda.

Bila anda telah berhasil mengatasi tantangan, risiko atau musibah, lupakanlah. Tapi bila anda gagal pada suatu proses pencapaiannya, ingatlah terus, agar anda waspada dan kegagalan serupa tidak terjadi di kemudian hari.

Bila anda menunggu datangnya pencerahan atau inspirasi, Ingatlah Inspirasi itu terkait dengan keinginan anda dan datang ketika anda telah terus menerus dan mengulang-ulang suatu pemikiran dalam proses menerobos suatu rintangan atau dalam proses menuju  pencapaian suatu impian.

Jadi, sebenarnya menjalani hidup ini sederhana, sesederhana gambaran masa depan anda, mimpi anda, dan sesederhana itu pula pencapaiannya. Maka dengan ini mulailah membuat gambaran jelas masa depan anda.

Katakan pada dunia, gambaran masa depan anda jelas dan cerah.

Lagi tulisan ini terutama kupersembahkan bagi Istri dan anak-anakku : Elfa, Indra, Hana dan Owen.

Dahroji, Cilegon, 24 Januari 2010

2 Komentar

  1. naip said,

    22/09/2010 pada 16:27

    Assalamualaikum Mas Dahroji,
    Saya salut dengan tulisan-tulisan anda yang sangat…sangat inspiratif.
    Yang menimbulkan pertanyaan mendasar dari saya adalah: Bagaimana anda dapat merangkai suatu tulisan dari “daftar pustaka” yang anda punyai? Sementara itu, background anda adalah Electrical Engineering, namun tulisan anda sangat…sangat berwarna warni topiknya, bahkan boleh dikatakan “sangat jauh” dari baccground pendidikan anda.
    Okay salam kenal dan mohon berkenan blog wordpress Mas Dahroji saya masukkan dalam link blogroll saya di wordpress.
    Terima kasih wassalam, Naip.

    • dahroji said,

      22/09/2010 pada 17:55

      Assalamualaikum,
      Terimakasih atas komennya bang Naip. Memang blog ini saya buat untuk penyaluran pemikiran yang melintas dan kadang merasa bahwa itu baik untuk di”sharing” dan bermanfaat.
      Tulisan yang bersifat formal terkait pekerjaan, tentu saja tidak dipaparkan di sini karena sudah ada salurannya sendiri. Kalau melihat blog bang Naip dan banyak teman yang lain juga lumrah dan sangat wajar menuliskan sesuatu yang di luar background pendidikan formal, asal itu merupakan hal yang memang ada dalam pikiran dan kita mengerti, begitu kan bang Naip.

      Wassalam, Dahroji.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: