BIASAKAN MEMILIH

Banyak orang tidak menyangka atau tidak menyadari bahwa mereka hidup berada pada dua daerah imajinasi, daerah maya. Daerah maya yang pertama adalah daerah dimana kondisi dan situasi tidak mampu anda kendalikan, daerah dimana anda tidak mampu berbuat apa-apa, tidak dapat direncanakan. Daerah maya kedua adalah daerah dimana anda dapat memilih untuk merencanakan, mengantisipasi, mempengaruhi dan melakukan sesuatu berdasarkan kehendak, pilihan anda.

Daerah maya yang tidak dapat dikendalikan adalah tentang kelahiran dan kematian seperti dimana, kapan, bagaimana kondisinya, siapa orang tua anda, siapa yang mengubur anda.  Begitu juga dengan kondisi alam, cuaca, bencana atau semacamnya. Anda pastilah tidak mampu berbuat apa-apa. Daerah maya ini mencakup semua kejadian dimana anda tidak dapat mempengaruhi, merubah, memberikan kontribusi, bantuan ataupun sumbangan terhadapnya.

Apa yang sebaiknya anda lakukan terhadap dunia maya yang tidak dapat dikendalikan ini ? jawabannya sederhana : EGP !, apa itu EGP ? ya ! Emangnya Gue Pikirin ! Anda tidak perlu memikirkan atau bergunjing mengenai dunia maya yang satu ini. Anda hanya menghabiskan waktu. Nggak ngaruh. Sebut saja itu sebagai dunia ketetapan, dunia EGP.

Daerah maya yang dapat dikendalikan adalah daerah dimana anda dapat memilih seperti apakah anda memilih larut dalam kekecewaan, kesedihan, ketakutan, kebohongan, kegagalan atau memilih keberanian, kebebasan, ketegasan, kepercayaan.  Sebut saja ini adalah Dunia Pilihan.

Setiap harinya anda menghadapi pilihan ini. Misalnya anda seorang remaja smu, anda dapat memilih berdisiplin belajar dan berlatih soal setiap hari untuk menjadi mahasiswa perguruan tinggi terbaik menurut anda, atau mempersiapkan diri untuk berusaha atau bekerja. Bila mahasiswa, anda dapat memilih setiap hari mendalami ilmu pengetahuan sampai lulus wisuda atau putus kuliah untuk memulai berbisnis. Bila pekerja, anda dapat memilih karir atau kebebasan dan kenyamanan. Bila pebisnis di industri, anda dapat memilih bahan baku, memilih harga terbaik, melakukan efisiensi, mempromosikan barang, melakukan pengembangan pasar dan produk atau membiarkan orang lain mempengaruhi anda hingga bangkrut. Bila Ibu Rumah Tangga, anda memilih bekerja membantu suami mendapatkan penghasilan tambahan, memilih masakan terbaik, mematut diri, mengorganisasi kegiatan sosial, seperti arisan, pengajian dan seterusnya.

Perlu diingat bahwa untuk mengetahui yang terbaik dan menghasilkan hal tebaik  anda perlu mencari pengetahuan yang cukup dan memproses pembandingan di antara pilihan yang tersedia. Begitu banyak pilihan di setiap waktu untuk melakukan yang terbaik sesuai tujuan yang dikehendaki selama anda hidup. Semakin anda sadari bahwa banyak sekali sesuatu berjalan sesuai pilihan dan kehendak anda, semakin anda percaya diri dan mampu menentukan masa depan.

Apa yang sebaiknya anda lakukan terhadap dunia maya yang dapat dikendalikan ini ? jawabannya sederhana : Biasakan memilih !. Sadarilah bahwa anda bisa dan mampu memilih. Inilah kunci kehidupan orang-orang sukses. Semakin sukses seseorang, termasuk anda, semakin banyak memilih dan menyadari bahwa itu terjadi selaras dengan pilihan-pilihan anda setiap harinya.

Ketika anda sedang sibuk mengerjakan sesuatu, atau kapanpun, luangkan waktu dengan sebuah pertanyaan “ Apakah ini pilihan terbaik saya ?”. Bila jawabannya “tidak” anda perlu meluangkan waktu berpikir lebih banyak untuk mencari cara terbaik – bahwa segala sesuatu yang anda lakukan – adalah sesuai dengan keinginan anda, kehendak anda. Tentu saja, sesuatu itu yang berada pada daerah kekuasaan atau lingkup pengaruh anda.  Anda perlu meningkatkan dan memperluas lingkup pengaruh kehendak anda ini.

Semua itu harus ada pada Lingkup perhatian anda. Semakin detail dan luas perhatian anda dan anda terus berusaha melakukan pilihan atas kejadian-kejadian yang berjalan di dalam lingkup perhatian anda itu, maka dapat dipastikan anda akan semakin sukses.

Pertanyaan menggelitik seputar ini diantaranya adalah “apakah mengerjakan tuntunan agama atau perintah orang tua, suami atau bos adalah pilihan saya ?”. Ya, anda dapat saja melakukannya dengan keterpaksaan dan berujung menyalahkan semua kepada lingkungan dan orang lain. Itu adalah pilihan. Sesungguhnya anda bebas memilih tuntunan agama apa yang anda yakini kebenarannya. Anda bebas tidak melakukan atau membangkang perintah orang tua atau bos anda. Tentu saja dengan segala tantangan atau resiko yang harus dihadapi. Sederhana, itu adalah tanggungjawab anda, pilihan anda.

Bila anda merasa terpaksa, melakukan sesuatu bukan atas pilihan anda – atau melakukannya berdasarkan perintah orang lain, termasuk orang tua anda – maka anda dapat memilih untuk mengatakannya. Katakan secara terus terang kepada yang memerintah atau “menekan” anda dan berusaha meyakinkan mereka bahwa – pilihan anda terhadap apa yang harus dilakukan – adalah yang terbaik buat anda, keluarga, lingkungan, organisasi atau perusahaan.

Bila anda tidak mampu meyakinkan mereka atas pilihan anda yang telah dikemukakan itu, maka anda perlu mencari tahu – sebab terbaik – mengapa mereka “ngotot” meminta atau menekan anda untuk mengerjakannya.  Teruslah berusaha dan mempertanyakannya sampai pada suatu kesimpulan bahwa yang anda kerjakan itu adalah pilihan anda dan lalu mengerjakan itu dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab. Putuskanlah dengan tekad bulat dari frase-frase kalimat seperti “Saya terjebak”, “Saya tertipu”, “Saya terpaksa” terhadap kejadian dalam ruang lingkup kendali anda.

Saya menegaskan kembali poin atau kata kunci tulisan ini adalah :

  1. Biasakan memilih ! adalah kunci tindakan sukses.
  2. “ Apakah ini pilihan terbaik saya ? ” adalah kunci pertanyaan sukses.
  3. Mencari pengetahuan yang cukup untuk mengetahui pilihan terbaik
  4. Memproses pembandingan atau benchmarking
  5. Lingkup perhatian adalah perhatian pada diri, perbuatan dan tujuan anda.
  6. Lingkup pengaruh adalah pengaruh pada jalannya rencana, perbuatan atau kejadian.
  7. Dunia ketetapan, dunia EGP dimana anda tidak perlu merisaukan kejadiannya.
  8. Dunia Pilihan, tempat dimana anda perlu membiasakan diri memilih di setiap waktu.

Bila anda merasakan bahwa membaca tulisan ini adalah kehendak anda, dan di kemudian hari anda menjadi rewel pada diri sendiri karena selalu bertanya “ Apakah ini pilihan terbaik saya ?”, memilih perbuatan, memilih belanjaan, memilih harga (menawar) dan berkarakter serba memilih maka dapat dipastikan anda menjadi orang sukses sesuai dengan tujuan hidup anda dan saya sebagai penulis ini mendapatkan pahala.

Tulisan ini bertalian dengan tulisan : 1) Cerita Jobs, 2) Gambaran Jelas, 3) Meraih Mimpi, 4) Komitmen 5) Konsep Pikir Bagaimana yang dapat anda lihat dengan mengkliknya.

Bagi pembaca dan komentator yang meluangkan waktunya, penulis ucapkan terimakasih.
divider

Dahroji, Cilegon, 28 Februari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: